KISI-KISI PENULISAN SOAL
JENIS
SEKOLAH : SMP
JUMLAH SOAL : 20
JUMLAH SOAL : 20
MATA
PELAJARAN : MATEMATIKA
SMP KELAS VII BENTUK
SOAL : Pilihan Ganda
KURIKULUM : KTSP
ALOKASI
WAKTU : 100 menit
NO
|
STAND. KOMP
|
KD
|
KLS/ SEM
|
MATERI POKOK
|
INDIKATOR SOAL
|
NOMOR SOAL
|
BENTUK SOAL
|
1.
|
Memahami
sifat-sifat operasi hitung bilangan bulat dan pengunaannya dalam pemecahan
masalah.
|
1. Melakukan operasi hitung
bilangan pecahan.
2.
Menggunakan sifat-sifat operasi hitung bilangan pecahan
dalam pemecahan masalah
|
VII/ I
|
Operasi
hitung Bilangan Bulat
|
Menghitung
hasil operasi tambah, kurang, kali dan bagi pada bilangan bulat
|
1
|
C2
|
20
|
|||||||
Menghitung
kuadrat dan pangkat tiga serta akar kuadrat dan akar pangkat
tiga
bilangan bulat
|
2
|
C2
|
|||||
2.
|
Memahami
sifat-sifat operasi hitung bilangan pecahan dan penggunaanya dalam pemecahan
masalah.
|
1. Melakukan operasi hitung bilangan
pecahan.
2.
Menggunakan sifat-sifat hitung bilangan pecahan dalam
pemecahan masalah.
|
VII/ I
|
Operasi
hitung Bilangan pecahan
|
Menggunakan
sifat-sifat operasi hitung tambah, kurang, kali atau bagi
dengan melibatkan pecahan serta mengaitkannya dalam kejadian
sehari-hari.
|
3
|
C3
|
Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan bilangan pecahan.
|
4
&
5
|
C4
|
|||||
Menyelesaikan
operasi hitung, tambah, kurang, kali, bagi dan pangkat dengan melibatkan
pecahan.
|
6 - 8
|
C4
|
|||||
3.
|
Memahami
bentuk aljabar
|
1. Mengenali bentuk aljabar dan unsur-unsurnya.
2. Melakukan operasi pada bentuk aljabar.
|
VII/ I
|
operasi
hitung Bentuk aljabar,
|
Menghitung
hasil operasi tambah, kurang, kali dan bagi atau kuadrat bentuk aljabar
|
10
&
11
|
C2
|
Menyederhanakan
bentuk aljabar dengan memfaktorkan
|
9
|
C3
|
|||||
12
|
|||||||
18
|
|||||||
19
|
|||||||
Menerapkan
operasi hitung pada bentuk aljabar untuk menyelesaikan
soal
|
13 -
17
|
C3
|
A. Pilihlah salah satu jawaban yang tepat.
1. Jika p = –1, q = –4, dan r = 2, nilai
dari
adalah
....
a. –1 c. 1
b. –2 d. 2
2. Nilai dari
adalah ....
a. 6 c. 15
b. 12 d. 20
3. Hasil dari
…
a.
c.
2
b.
d.
3
Daerah arsiran pada
gambar di atas menunjukkan pecahan ....
a.
c.
b.
d.
5. Di antara pecahan berikut yang senilai dengan pecahan
adalah
....
a.
c.
b.
d.
6.
Bentuk paling sederhana dari perbandingan
:
adalah
....
a. 4 : 3 c.
5 : 6
b. 6 : 5 d. 4 : 5
7. Bentuk sederhana dari
adalah …
a.
c.
b.
d.
8. Nilai dari 23,51 +
8,76 – 3,44 adalah ....
a. 23,38 c. 28,38
b. 28,83 d. 82,83
9. pemfaktoran dari
adalah …
a. (x – 5y) (4x – 5y) c. (2x – 5y) (2x – 5y)
b. (x – 5y) (4x + 5y) d. (2x – 5y) (2x + 5y)
10. Hasil penyederhanaan dari
:
+ 4x – 2xy -
- x + 2xy adalah …
a.
c.
b.
d.
11. Hasil dari (3x + 4) (2x -5) = …
a.
c.
b.
d.
12. Bentuk sederhana dari
adalah …
a.
c.
b.
d.
13. Hasil dari (2x – 3) (-3x + 5) adalah …
a. - 6
+ 19x – 15
c. –
+ x – 1
b. - 6
- 21x – 15 d. -
- 19x – 15
14.
:
= …
a.
c.
b.
d.
15. Hasi dari
= …
a.
c
b.
d.
16. Jika 3(x + 5) – 8 = 2(2x – 6), nilai dari x + 2 = …
a. -17 c.
19
b. 17 d.
21
17. Hasil pengukuran 2x2y – 3xy + 5 dari 4xy(x – 1) +
1 adalah …
a. 2x2y – xy – 4 c. -2x2y + xy + 4
b. 2x2y + xy + 4 d. -2x2y – xy + 4
18. Bentuk sederhana dari
+
= …
a.
c.
b.
d.
19. Pemfaktoran dari x2 – 5x – 14 adalah = …
a. (x – 5) (x – 7) c. (x – 7) (x + 2)
b. (x – 5) (x – 2)
d. (x + 7) (x – 2)
20. Nilai dari 27 : (-9) + 6 x (-5) = …
a. 45 c. -27
b. -15 d. -33
INSTRUMEN PENILAIAN
TABEL I
Kelompok
|
Nama Siswa
|
Nomor Butir
|
||||||||||||||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
9
|
10
|
11
|
12
|
13
|
14
|
15
|
16
|
17
|
18
|
19
|
20
|
|||
Atas
|
ALI
|
D
|
B
|
D
|
C
|
A
|
B
|
A
|
C
|
D
|
A
|
B
|
B
|
A
|
A
|
A
|
B
|
B
|
A
|
C
|
D
|
|
BINTANG
|
D
|
C
|
A
|
C
|
A
|
B
|
A
|
B
|
D
|
A
|
B
|
C
|
A
|
A
|
C
|
D
|
C
|
D
|
C
|
D
|
||
TUTI
|
D
|
B
|
D
|
C
|
A
|
B
|
A
|
B
|
D
|
A
|
B
|
C
|
A
|
A
|
C
|
D
|
C
|
C
|
C
|
D
|
||
TINI
|
D
|
B
|
B
|
C
|
A
|
B
|
A
|
B
|
C
|
A
|
B
|
D
|
A
|
C
|
C
|
B
|
C
|
D
|
C
|
D
|
||
TATANG
|
D
|
C
|
D
|
C
|
C
|
B
|
A
|
D
|
D
|
A
|
B
|
B
|
A
|
B
|
C
|
D
|
C
|
D
|
C
|
D
|
||
KUNCI
|
D
|
B
|
D
|
C
|
A
|
B
|
A
|
B
|
D
|
A
|
B
|
B
|
A
|
A
|
C
|
D
|
C
|
D
|
C
|
D
|
||
Jumlah Siswa Yang Menjawab Benar
|
A
|
-
|
-
|
1
|
-
|
4
|
-
|
5
|
-
|
-
|
5
|
-
|
-
|
5
|
3
|
1
|
-
|
-
|
1
|
-
|
-
|
|
B
|
-
|
3
|
1
|
-
|
-
|
5
|
-
|
3
|
-
|
-
|
5
|
2
|
-
|
1
|
-
|
2
|
1
|
-
|
-
|
-
|
||
C
|
-
|
2
|
-
|
5
|
1
|
-
|
-
|
1
|
1
|
-
|
-
|
2
|
-
|
1
|
3
|
-
|
4
|
1
|
5
|
-
|
||
D
|
5
|
-
|
3
|
-
|
-
|
-
|
-
|
1
|
4
|
-
|
-
|
1
|
-
|
-
|
-
|
3
|
-
|
3
|
-
|
5
|
||
Sedang
|
Jumlah Benar
|
|||||||||||||||||||||
Bawah
|
AGUS
|
B
|
B
|
D
|
C
|
A
|
B
|
A
|
B
|
D
|
A
|
B
|
B
|
A
|
A
|
B
|
D
|
C
|
A
|
C
|
B
|
|
MITA
|
D
|
B
|
A
|
C
|
A
|
C
|
A
|
C
|
D
|
A
|
B
|
B
|
A
|
A
|
C
|
D
|
C
|
D
|
C
|
D
|
||
MAMAN
|
D
|
B
|
D
|
C
|
A
|
B
|
A
|
C
|
D
|
A
|
B
|
B
|
A
|
A
|
C
|
D
|
C
|
C
|
C
|
D
|
||
DENIS
|
B
|
B
|
B
|
C
|
A
|
B
|
A
|
D
|
D
|
A
|
B
|
B
|
A
|
A
|
C
|
D
|
C
|
D
|
C
|
B
|
||
JONI
|
D
|
B
|
D
|
C
|
C
|
C
|
C
|
B
|
D
|
A
|
B
|
B
|
A
|
A
|
C
|
D
|
C
|
D
|
C
|
D
|
||
KUNCI
|
D
|
B
|
D
|
C
|
A
|
B
|
A
|
B
|
D
|
A
|
B
|
B
|
A
|
A
|
C
|
D
|
C
|
D
|
C
|
D
|
||
Jumlah Siswa Yang Menjawab Benar
|
A
|
-
|
-
|
1
|
-
|
4
|
-
|
4
|
-
|
-
|
5
|
-
|
-
|
5
|
5
|
-
|
-
|
-
|
1
|
-
|
-
|
|
B
|
2
|
5
|
1
|
-
|
-
|
3
|
-
|
2
|
-
|
-
|
5
|
5
|
-
|
-
|
1
|
-
|
-
|
-
|
-
|
2
|
||
C
|
-
|
-
|
-
|
5
|
1
|
2
|
1
|
2
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
4
|
-
|
5
|
1
|
5
|
-
|
||
D
|
3
|
-
|
3
|
-
|
-
|
-
|
-
|
1
|
5
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
5
|
-
|
3
|
-
|
3
|
1. FILE
NOTEPAD
20 o n 11
dbdcadabdabbaacdcdcd
44444444444444444444
yyyyyyyyyyyyyyyyyyyy
01 ALI DBDCABACDABBAAABBACD
02 BINTANG
DCACABABDABCAACDCDCD
03
TUTI DBDCABABDABCAACDCCCD
04
TINI DBBCABABCABDACCBCDCD
05
TATANG DCDCCBADDABBABCDCDCD
06
AGUS BBDCABABDABBAABDCACB
07
MITA DBACACACDABBAACDCCCD
08
MAMAN DBDCABACDABBAACDCCCD
09
DENIS BBBCABADDABBAACDCDCB
10
JONI DBDCCCCBDABBAACDCDCD
2. HASIL
NOTEPAD
MicroCAT
(tm) Testing System
Copyright
(c) 1982, 1984, 1986, 1988 by Assessment Systems Corporation
Item and Test Analysis Program -- ITEMAN
(tm) Version 3.00
Item
analysis for data from file RAHMAT.TXT Page 1
Item Statistics Alternative Statistics
----------------------- -----------------------------------
Seq. Scale Prop. Point Prop. Point
No. -Item Correct Biser. Biser. Alt. Endorsing
Biser. Biser. Key
---- ----- ------- ------ ------ -----
--------- ------ ------
---
1 0-1
0.800 0.385 0.269 A 0.000 -9.000 -9.000
B 0.200 -0.385 -0.269
C 0.000 -9.000 -9.000
D 0.800
0.385 0.269
*
Other 0.000 -9.000 -9.000
2 0-2
0.800 0.064 0.045 A 0.000 -9.000 -9.000
B 0.800
0.064 0.045
*
C 0.200
-0.064 -0.045
D 0.000
-9.000 -9.000
Other 0.000
-9.000 -9.000
3 0-3
0.600 0.325 0.257 A 0.200 0.257 0.180
B 0.200
-0.706 -0.494
C 0.000
-9.000 -9.000
D 0.600
0.325 0.257
*
Other 0.000 -9.000 -9.000
4 0-4
1.000 -9.000 -9.000 A 0.000 -9.000 -9.000
B 0.000
-9.000 -9.000
C 1.000
-9.000 -9.000
*
D 0.000
-9.000 -9.000
Other 0.000 -9.000 -9.000
5 0-5
0.800 -0.257 -0.180 A 0.800 -0.257 -0.180
*
B 0.000
-9.000 -9.000
CHECK THE KEY C 0.200 0.257 0.180
?
A was specified, C works better D 0.000 -9.000 -9.000
Other 0.000 -9.000 -9.000
6 0-6
0.000 -9.000 -9.000 A 0.000 -9.000 -9.000
B 0.800
-0.577 -0.404
CHECK THE KEY C 0.200 0.577 0.404
?
D was specified, C works better D 0.000 -9.000 -9.000
*
Other 0.000 -9.000 -9.000
7 0-7
0.900 -0.716 -0.419 A 0.900 -0.716 -0.419
*
B 0.000
-9.000 -9.000
CHECK THE KEY C 0.100 0.716 0.419
?
A was specified, C works better D 0.000 -9.000 -9.000
Other 0.000 -9.000 -9.000
8 0-8 0.500 0.225 0.180 A 0.000 -9.000 -9.000
B 0.500
0.225 0.180
*
C 0.300
0.052 0.039
D
0.200 -0.385 -0.269
Other 0.000 -9.000 -9.000
9 0-9
0.900 0.819 0.479 A 0.000 -9.000 -9.000
B 0.000
-9.000 -9.000
C 0.100
-0.819 -0.479
D 0.900
0.819 0.479
*
Other 0.000 -9.000 -9.000
10 0-10 1.000 -9.000 -9.000 A 1.000 -9.000 -9.000
*
B 0.000
-9.000 -9.000
C 0.000
-9.000 -9.000
D 0.000 -9.000 -9.000
Other 0.000 -9.000 -9.000
11 0-11
1.000 -9.000 -9.000 A 0.000 -9.000 -9.000
B
1.000 -9.000 -9.000
*
C 0.000
-9.000 -9.000
D 0.000
-9.000 -9.000
Other 0.000 -9.000 -9.000
12 0-12
0.700 -0.052 -0.039 A 0.000 -9.000 -9.000
B 0.700
-0.052 -0.039
*
CHECK THE KEY C 0.200 0.577
0.404
?
B was specified, C works better D 0.100 -0.819 -0.479
Other 0.000 -9.000 -9.000
13 0-13
1.000 -9.000 -9.000 A 1.000 -9.000 -9.000
*
B 0.000
-9.000 -9.000
C 0.000
-9.000 -9.000
D 0.000
-9.000 -9.000
Other 0.000
-9.000 -9.000
14 0-14
0.800 0.706 0.494 A 0.800 0.706 0.494
*
B 0.100
-0.307 -0.180
C 0.100
-0.819 -0.479
D 0.000
-9.000 -9.000
Other 0.000 -9.000 -9.000
15 0-15 0.800 0.706 0.494 A 0.100 -0.819 -0.479
B 0.100
-0.307 -0.180
C 0.800
0.706 0.494
*
D 0.000
-9.000 -9.000
Other 0.000 -9.000 -9.000
16 0-16
0.800 1.000 0.718 A 0.000 -9.000 -9.000
B 0.200
-1.000 -0.718
C
0.000 -9.000 -9.000
D 0.800
1.000 0.718
*
Other 0.000 -9.000 -9.000
17 0-17
0.900 0.819 0.479 A 0.000 -9.000 -9.000
B 0.100
-0.819 -0.479
C 0.900
0.819 0.479
*
D 0.000
-9.000 -9.000
Other 0.000 -9.000 -9.000
18 0-18
0.500 -0.225 -0.180 A 0.200 -0.706 -0.494
B 0.000
-9.000 -9.000
CHECK THE KEY C 0.300 0.827 0.627
?
D was specified, C works better D 0.500 -0.225 -0.180
*
Other 0.000 -9.000 -9.000
19 0-19
1.000 -9.000 -9.000 A 0.000 -9.000 -9.000
B 0.000
-9.000 -9.000
C 1.000
-9.000 -9.000
*
D 0.000 -9.000 -9.000
Other 0.000 -9.000 -9.000
20 0-20
0.800 0.385 0.269 A 0.000 -9.000 -9.000
B 0.200
-0.385 -0.269
C 0.000
-9.000 -9.000
D 0.800
0.385 0.269
*
Other 0.000 -9.000 -9.000
MicroCAT
(tm) Testing System
Copyright
(c) 1982, 1984, 1986, 1988 by Assessment Systems Corporation
Item and Test Analysis Program -- ITEMAN
(tm) Version 3.00
Item
analysis for data from file RAHMAT.TXT Page 4
There were
10 examinees in the data file.
Scale
Statistics
----------------
Scale: 0
-------
N of
Items 20
N of
Examinees 10
Mean 15.600
Variance 1.240
Std.
Dev. 1.114
Skew -0.035
Kurtosis -1.364
Minimum 14.000
Maximum 17.000
Median 15.000
Alpha -0.934
SEM 1.549
Mean P 0.780
Mean
Item-Tot. 0.205
Mean
Biserial 0.299
3. SCORE NOTEPAD
11
1 Scores for examinees from file
RAHMAT.TXT
01 ALI 14.00
02 BINTANG 16.00
03
TUTI 17.00
04
TINI 14.00
05
TATANG 15.00
06
AGUS 15.00
07
MITA 16.00
08
MAMAN 17.00
09
DENIS 15.00
10
JONI 17.00
Tidak ada komentar:
Posting Komentar